Mengenal Telur yang Katanya Bisa Menangkal Corona

HEBOH kabar tentang bayi yang bisa berbicara dan mengatakan bahwa mengonsumsi telur rebus di tengah malam dapat menangkal virus corona.

Read More

Oleh Manjilala, S.Gz, M.Gizi, ahli gizi, lahir di Maros.

Tentu banyak yang tidak percaya dengan peristiwa ini tapi tidak sedikit juga yang mempercayainya. Sampai akhirnya polisi harus turun tangan mengatasi masalah ini.

Ada apa dengan telur? Lebih baik kita bicara soal gizi daripada takhayul.

Telur merupakan makanan sumber protein, lemak dan zat gizi mikro yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Hampir semua asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh ada di dalam sebutir telur. Di samping itu asam lemak omega 3 yang terdapat di dalam telur sangat baik untuk balita yang sedang masa pertumbuhan.

Kebutuahan protein orang dewasa ialah 1 gram/kg berat badan, jika seseorang memiliki berat badan 70 kg, maka kebutuhan proteinnya dalam sehari sebanyak 70 gram. Kandungan protein 1 butir telur ayam ras sekitar 6-7 gram.

Sumber protein bukan hanya dari telur, protein bisa kita peroleh dari ikan, tempe, tahu dan kacang-kacangan. Bahkan ikan bandeng, ikan layang, dan tempe memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari telur.

Meskipun kandungan protein telur lebih sedikit dari sumber protein lainnya akan tetapi dari segi kualitas, protein telur jauh lebih baik jika dibandingkan dengan sumber protein lainnya. Itulah mengapa jika seseorang dalam kondisi sakit selalu dianjurkan agar mengonsumsi telur.

Salah satu fungsi protein pada tubuh ialah memperbaiki dan merawat jaringan tubuh serta membentuk antibodi. Antibodi inilah yang membantu tubuh mencegah serangan penyakit dan infeksi pada tubuh.

Apakah mengonsumsi telur di tengah malam dapat menangkal corona?

Tentu belum ada penelitian ilmiah terkait hal tersebut, bahkan pernyataan itu cenderung menyesatkan, karena telur bisa dikonsumsi kapan pun, tidak harus tengah malam, bahwa telur memiliki manfaat bagi tubuh itu sudah pasti.

Jadi konsumsimlah telur kapan saja, paling tidak 1 butir sehari, agar tubuh Anda tetap sehat dan kebutuhan protein tubuh tetap terpenuhi sehingga tubuh bisa lebih kuat melawan serangan virus dan bakteri. (*)

Penulis : | Editor :

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.