Pakar Gizi Unhas Beri 5 Resep agar Virus Corona Tidak Berkembang Dalam Tubuh

MAROS, MM – Penyebaran virus Corona di Indonesia terus mengalami peningkatan. Setiap hari, pasien yang positif atau dalam pemantuan makin bertambah. Data kementerian Kesehatan RI menyebut virus ini telah menyebar ke 24 dari 34 provinsi. Hingga hari ini, jumlah pasien yang terinfeksi menjadi 893 orang. Dari data itu, yang meninggal sejumlah 78 orang dan sehat 35 orang.

Sementara itu, di Sulawesi Selatan, berdasarkan data resmi yang dirilis situs covid 19 terdapat 226 ODP, 81 PDP, dan 27 orang positif. Hasil ini menunjukkan jumlah orang yang terjangkit di Sulsel naik dua kali lipat.

Read More

Pakar gizi dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Veni Hadju, mengatakan masyarakat harus menjaga imunitas tubuh agar mampu berperang melawan virus Corona.

“Dengan imunitas yang baik maka virus tidak akan berkembang dalam tubuh manusia,”ungkap Lulusan Cornel University, USA, Jumat, 27 Maret 2020, di Pesantren Darul Istiqamah, Maros.

Ia memaparkan beberapa cara agar imunitas tubuh tetap terjaga:

1. Makan dengan gizi seimbang. Pastikan makanan kita mengandung zat gizi khususnya protein yg berasal dari hewani seperti ikan, telur, dan daging. Konsumsi sayur dan buah yang cukup

2. Tidur yang cukup, dan paling lambat jam 10 malam sudah istrahat. Dalam tubuh ada hormon Melatonin yang akan keluar antara jam 11 malam sampai jam 2 dini hari. Dalam periode waktu itu kita harus tertidur. Jadi, hindari begadang atau bekerja sampai tengah malam.

3. Hindari stres dengan banyak bersyukur dan beribadah. Setiap ibadah yg kita lakukan akan memberi peningkatan imunitas seperti shalat, membaca Al-Quran, berdzikir, bahkan berpuasa. Walaupun tidak makan saat berpuasa, tapi kedekatan kita kepada Allah akan memberi pengaruh positif dalam daya tahan tubuh kita.

4. Jangan pernah mengeluh, marah, atau berkata-kata yang tidak baik. Kerena akan memperburuk imunitas tubuh. Selalu bersangka baik dan lbh baik diam bila dalam hati kita ada sesuatu yg tidak bisa kita terima. Semua dikembalikan kepada Allah.

5. Banyak bersedekah dan membahagiakan orang lain. Tatap orang yang menerima bantuan dari kita dan seharusnya kita bersyukur karena kita bisa memberi.Setiap pemberian (senyum sekalipun) dapat meningkatkan imunitas kita.

Menjaga imunitas tubuh merupakan salah satu cara pencegahan secara individual. Guru Besar Unhas yang menetap di Maros itu berharap masyarakat bisa menjaga dan meningkatkan imunitas  tubuhnya. Jika imunitas tubuh baik, virus Corona akan kalah. (fik)

Penulis : | Editor :

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.