Iman dan Imun Ternyata Erat Kaitannya, Rahasia Mengalahkan Corona

MAROS, MM – Imunitas atau daya tahan tubuh yang baik pada diri seseorang akan membuat virus kesulitan berkembang. Termasuk Covid-19 itu.

Hari ini, MataMaros.com menyarikan ulang beberapa tips menguatkan imun yang diberikan oleh Prof Veni Hadju, pakar gizi dari Universitas Hasanuddin. Sebab, daya tahan tubuh yang kuatlah yang bisa membantu kita terbebas dari infeksi virus.

Read More

Berikut poin-poinnya;

1. Makan dengan gizi seimbang. Pastikan makanan kita mengandung zat gizi. Khususnya protein yg berasal dari hewani seperti ikan, telur, dan daging. Konsumsi sayur dan buah yang cukup.

2. Tidur yang cukup. Paling lambat pukul 10 malam sudah istrahat. Dalam tubuh ada hormon Melatonin yang akan keluar antara pukul 11 malam sampai pukul 2 dini hari. Dalam periode waktu itu kita harus tertidur. Itulah mengapa begadang “dilarang”.

3. Hindari stres dengan banyak bersyukur dan beribadah. Setiap ibadah yang kita lakukan akan memberi peningkatan imunitas. Misalnya salat, membaca Alquran, berzikir, bahkan berpuasa. Walaupun tidak makan saat berpuasa, tetapi kedekatan kita kepada Allah akan memberi pengaruh positif dalam daya tahan tubuh kita.

4. Jangan pernah mengeluh, marah, atau berkata-kata yang tidak baik. Sebab, hanya akan memperburuk imunitas tubuh. Selalu bersangka baik dan lebih baik diam bila dalam hati kita ada sesuatu yang tidak bisa kita terima. Semua dikembalikan kepada Allah.

5. Banyak bersedekah dan membahagiakan orang lain. Tatap orang yang menerima bantuan dari kita dan seharusnya kita bersyukur karena kita bisa memberi. Setiap pemberian (senyum sekalipun) dapat meningkatkan imunitas kita.

Ternyata, imun sangat erat kaitannya dengan iman. Pakar gizi pun mengakuinya.

“Dengan imunitas yang baik maka virus tidak akan berkembang dalam tubuh manusia,” ungkap Veni, lulusan Cornel University, Amerika Serikat, yang bermukim di Maros itu. (fik)

Penulis : | Editor :

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.