Berani Sedekah Rp10 Ribu? Komunitas Ini Bantu Salurkan

SALAH SATU KEGIATAN DONASI KOMUNITAS KITA PEDULI DI DUSUN SALOMATTI, DESA TODDOLIMAE, KECAMATAN TOMPOBULU, BEBERAPA WAKTU LALU. (FOTO: IST)

MAROS, MM Pelosok masih jarang terjamah uluran tangan. Inilah yang membuat Komunitas Kita Peduli terus bertualang dan tak pernah putus berdonasi. Mulai dari Rp10 ribu tiap bulan.

Bederma sudah menjadi rutinitas bulanan komunitas yang lahir di Batangase ini. Bentuknya beragam, mulai dari uang tunai, sembako, hingga pakaian.

“Alhamdulillah tidak pernah putus. Tiap bulan. Bahkan, bisa lebih dari satu kali dalam sebulan. Apalagi kalau ada bencana, seperti banjir dan kebakaran,” tutur Nur Rahma Khaer, pendiri Komunitas Kita Peduli, kepada MataMaros.com, Rabu, 26 Februari 2020.

Namun, bantuan tak disalurkan ke sembarangan target. Ada tim surveinya. Layak tidak untuk dibantu?

“Kita lihat tempat tinggal dan kehidupan sehari-harinya. Betul-betul sudah serba kekurangan. Baru kita putuskan berdonasi,” kata Nur Rahma.

Ia mencontohkan donasi yang baru-baru ini diberikan kepada Basse (80). Warga Dusun Salomatti, Desa Toddolimae, Kecatamatan Tompobulu ini betul-betul sudah dirundung kesusahan.

“Yang menghidupi sisa cicitnya dan tetangga yang mau berdonasi. Tetapi tak banyak. Makanya kita turun bantu,” ungkap Amma, sapaan karib Nur Rahma.

Lalu, dari mana sumber bantuan yang diperoleh Komunitas Kita Peduli? Amma bersyukur, tagline “Berani sedekah Rp10.000 tiap bulan?” berhasil memantik para donatur. Sejauh ini, sekitar 250 orang sudah tergabung di grup WhatsApp.

“Kalau dikalikan Rp10 ribu kan sudah ada Rp2,5 juta tiap bulan yang terkumpul. Tetapi kami selalu dapat lebih karena banyak juga donatur yang dari luar,” bebernya.

Komunitas yang terbentuk 7 Desember 2017 juga menyalurkan bantuan ke panti asuhan. Sebelumnya, salah seorang pendiri komunitas, Mega Anjarsari, mengungkapkan, targetnya juga turun langsung ke jalan.

“Kami juga menyalurkan sedekah ke tukang becak, penjual jagung, dan pemulung,” ungkap Mega.

Kini, dus-dus bantuan siap kembali disalurkan Maret mendatang. Namun, target donasi masih dipertimbangkan. Siapa tahu Anda punya usulan? Sekaligus ikut berdonasi juga. (mal)

Penulis : | Editor :

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.