Muzayyin Bawa Baruasa dan Bolu ke Istanbul; “Biar Dunia Tahu Kita Punya Kue Khas dan Enak”

Muzayyin Arif (kiri) mengajak dua turis dari negara lain untuk mencicipi baruasa dan bolu dari Maros. (FOTO: IST)

ISTANBUL, MM – Wakil Ketua DPRD Sulsel, Muzayyin Arif begitu menikmati suasana Istanbul, Turki. Termasuk makanannya, apalagi tehnya yang khas. Namun, dia tak lupa membawa pengamanan dari daerah asalnya.

Saat menunggu waktu salat Magrib di rooftop Seven Hills, salah satu restoran terkenal di kota tersebut, Senin, 3 Desember 2022 misalnya. Muzayyin membawa kue bolu dan baruasa dari Maros. Ditaruh di atas meja tempat nongkrong konsep ruang terbuka yang berada di antara Blue Mosque dan Hagia Sophia itu.

Kue bolu yang dibawa Muzayyin adalah produk andalan Toko Kue Ugie, Sanggalea dan baruasa Paraga dari Panorama Food, Kassi. Semuanya terletak di Maros.

Baruasa Paraga, Maros, dengan latar belakang Hagia Sophia. (FOTO: IST)

Menariknya lagi, Muzayyin juga menawarkan kue itu ke beberapa orang, turis yang juga berada di restoran itu. Ada dua pria Eropa yang sempat mencicipi bolu dan baruasa.

Kue bolu Ugi’e dengan latar belakang Hagia Sophia. (FOTO: IST)

“Ini enak, seperti kue buatan ibu saya,” tutur salah satu dari bule itu usai memakan baruasa.

“Enak, lembut,” timpal bule satunya lagi setelah memakan kue bolu.

Muzayyin mengaku sengaja memperkenalkan kue produksi UMKM dari Sulsel, khususnya Maros, agar pamornya kian terangkat.

“Karena kalau soal rasa, sudah memadai sekali. Kita hanya perlu terus memperkenalkan. Biar dunia tahu kita punya kue khas dan enak,” tutur pria 39 tahun itu.

Muzayyin juga berharap ke depan produk makanan dan produk lain dari UMKM di daerah, bisa merambah pasaran yang lebih luas. Termasuk pasar ekspor. (abr)